GNOME, GNOME.Asia Summit 2019, WebRTC

Keseruan GNOME.Asia Summit 2019

GNOME.Asia Summit 2019

Pekan lalu, tepatnya tanggal 10-12 Oktober 2019, saya diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam gelaran GNOME.Asia Summit 2019 yang tahun ini berlokasi di Gresik, Jawa Timur. Meskipun tahun ini adalah kedua kalinya GNOME.Asia Summit bertempat di Indonesia, namun ini pertama kalinya saya berpartisipasi dalam acara ini. Awalnya saya ingin mengajukan untuk mengisi sesi ligthning talk, tapi panitia meminta agar saya sebaiknya mengisi sesi workshop. Tawaran tersebut saya iyakan.

WebRTC Workshop

Sebagai orang yang dibesarkan oleh komunitas (dan sempat ngilang selama bertahun-tahun), ada kerinduan bagi saya pribadi untuk berkontribusi kembali ke komunitas, khususnya komunitas open source. Maka sejak tahun lalu saya mencoba untuk menawarkan diri untuk berbagi pengalaman saya apabila ada event tertentu. Sebenarnya saya ingin kembali aktif terlibat dalam proyek open source, namun mengingat pekerjaan yang cukup banyak, agak repot untuk membagi waktu.Kembali lagi ke GNOME.Asia Summit 2019. Pada acara tersebut saya membawakan workshop dengan topik WebRTC, topik yang mungkin sudah sangat familiar bagi saya. Namun bedanya dengan workshop-workshop sebelumnya yang saya bawakan, kali ini agak spesial, karena pertama kalinya saya membawakan topik WebRTC menggunakan bahasa C dan menggunakan GStreamer. Tentunya seperti biasa, saya membawakan materi perkenalan dan konsep dasar WebRTC sebagai pembuka.

GNOME.Asia Summit 2019 Swag

Mendapat jatah mengisi sesi workshop, itu artinya jadwal saya sehari sebelum pembukaan GNOME.Asia Summit 2019. Awalnya sempat bingung karena bertepatan dengan hari kerja (Jumat, 10 Oktober 2019). Untunglah dari kantor mengizinkan dan mendukung saya untuk hadir. Dukungan bagi saya tidak hanya sampai di situ. GNOME Foundation juga setuju untuk memberikan travel sponsorship, jadi saya tidak perlu khawatir mengenai biaya perjalanan dari Bogor menuju Gresik. Bagi saya yang sudah lama vakum dalam kegiatan semacam ini, GNOME.Asia Summit 2019 sungguh seru dan menyenangkan. Karena selain bisa berpartisipasi sebagai pembicara dalam acara ini, juga bisa reuni dengan beberapa rekan lama dan berkenalan dengan banyak orang baru.

BlankOn Linux Ex-developer

Akhir kata, terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras mensukseskan acara GNOME.Asia Summit 2019. Terima kasih juga kepada GNOME Foundation yang telah mensponsori perjalanan saya. Semoga ke depannya saya bisa berpartisipasi aktif dalam kegiatan dan komunitas open source.

GNOME.Asia Summit 2019 Welcome Dinner

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *